Sabtu, 11 Februari 2012

Bandung dan Purwokerto

    
     Sedari kecil lahir dan besar di Bandung membuat saya merasa beruntung. Kenapa? karena saya rasa Bandung tuh kota yang asyik, segala ada, udaranya juga masih tergolong sejuk (di rumah sih, meskipun kalo kita berlalu-lalang di jalan raya bakal ngerasain banget gimana panasnya Bandung). Tempat wisatanya banyak, mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, sampe mall-mall besar dan lengkap ada di kota ini, dan yang terbaru adalah kehadiran Trans Studio Bandung yang bikin Bandung tambah lengkap aja dan tambah macet terutama weekend karena banyak banget mobil-mobil plat (maaf ya) B dan plat-plat lainnya yang berlalu-lalang memenuhi jalanan kota Bandung. Selain itu, banyaknya tempat kuliah baik negeri maupun sawasta membuat Bandung jadi kota tujuan untuk menuntut ilmu bagi para pendatang.
     Tapi, tahukan kalian wahai blogger, bahwa saya sebagai orang Bandung justru pernah kuliah selama 4 tahun di kota kecil daerah Jawa Tengah yang diberi nama Purwokerto. Meskipun kota itu gak sebesar, dan selengkap Bandung (bahkan mall pun gak ada) tapi sepulangnya dari sana saya membawa banyak pelajaran dan kesan yang sangat positif tentang Purwokerto. Apa itu? Kebaikan, kejujuran, dan kepolosan orang-orang disana. Saya punya cerita, waktu itu awal tahun saya di Purwokerto,  saya dan teman saya si Mitha naik motor berdua, di jalanan tiba-tiba ada bapak-bapak di belakang motor kami (beliau juga naik motor), yang teriak ke arah kami, "Mba-mba ini mba dompetnya jatuh". Oh My God, dompet saya jatuh di jalan dan dengan baik hatinya sang bapak mengembalikan sambil ngebut ngejar motor kita berdua, padahal itu di jalan raya. Sulit dipercaya karena waktu saya SMA aja saya pernah ketinggalan dompet di depan kelas, dan beberapa menit kemudian setelah saya balik lagi dari dalam kelas buat cari dompet saya, ternyata udah raib, dompet saya hilang!! padahal itu di depan kelas, area sekolah dan masih jam-jam sekolah. Jadi, saya salut banget sama bapak tadi. Makasih ya Pak. Seandainya kejadian ini terjadi di jalan raya Bandung, mungkin udah buru-buru dicopet  (bukannya suudzon, tapiii ya begitulah). Cerita kedua, saya pernah ditugasin buat wawancarain salah dua dosen saya (Bu Tris dan Bu Vitis), setelah selesai wawancara saya ketik dengan semangatnya, lalu saya save di laptop dan flasdis. Besoknya pulang dari kampus, saya cari-cari flasdisk saya kok gak ada dimana-mana, singkat cerita flasdisk saya ilang gak kertemu. Beberapa hari saya bermuram durja (hahaha lebay) sambil terus doa supaya benda kecil itu ketemu, soalnya banyak file penting disitu. Tahukah kalian, seminggu abis itu tiba-tiba aja Bu Tris sms saya, katanya ada orang yang sms beliau dan ngasih tau bahwa flasdisk saya ada di orang itu, bu Tris pun ngasih no hp-nya, Pak Miko namanya. Lalu saya pun smsan sama si bapak dan minta alamat beliau. Saat itu juga langsung tancap gas kerumahnya. Beliau cerita katanya dia nemu flasdisk di BK (salah satu minimarket di Purwokerto), terus dia buka flasdisknya, nemu lah no hp dosen-dosen yang pernah saya wawancarain, terus di sms lah bu Tris, dan Bu Tris nyampein ke saya. OMG, saya tercengang bangeeeet. Makasih, makasih banget buat Pak Mik dan Bu Tris. Keduanya sudah berumur, namun masih peduli dengan sesama, masih menyempatkan waktu untuk membantu menemukan si pemilik flasdisk. Apa saya juga bakal ngelakuin hal yang sama kalo saya nemu barang milik orang lain?. Cerita ketiga (banyak banget ya?). Waktu itu pagi-pagi saya naik motor mau pulang ke kosan abis beli roti, terus di depan kosan saya jatoh dari motor, sepiii banget ga ada siapa-siapa, saya ga bisa berdiri saking lemesnya lutut. Tiba-tiba ada kakek-kakek naik sepeda, terus beliau turun dari sepedanya dan bantu saya berdiri. Saya sampe nangis bilang makasih ke beliau, terus beliau bilang "ati-ati ya mba". hiks hiks baik banget peduli sama saya. Waktu itu di Bandung saya naik motor sama si Dhea, lagi ngebut-ngebutnya ngeliat ibu-ibu lagi parkir motor terus belanjaannya pada tumpah ke jalan, disitu banyak orang yang lagi jalan dan lagi diem aja, tapi gak ada satupun yang bantu. Trus apa saya brenti dan langsung bantu?? Saya juga enggak, hehehe abisnya lagi ngebut siiih tanggung. maaf ya Buuu :*. Sebenernya masih banyak ceritanya, tapi kayanya udah panjang banget. 
Jadi pelajaran yang bisa diambil adalah, bantulah orang lain sebisa mungkin. Baik yang dikenal ataupun yang gak dikenal, bantulah. Sekecil apapun bantuan yang kita kasih, akan sangat berkesan buat yang kesulitan. Membantu disini bukan hanya tentang uang yah, tapi bantuan kecil lain seperti contoh-contoh kejadian yang saya alami.
Semoga bermanfaat and have a nice weekend all :)


                                                       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar